Mengetahui kecepatan koneksi internet dengan Speed Tester

Speed Tester BlackBerry 10
Koneksi Internet saat ini menjadi konsumsi publik dan diantara dari kita menjadi kebutuhan utama, namun seperti yang kita ketahui kondisi internet di Indonesia tidak sebagus di beberapa negara lain. Selain itu harga yang mahal untuk mendapat koneksi internet yang bagus dan cepat.  Koneksi Internet tidak sekedar dibutuhkan oleh perkantoran, warnet ataupun komputer perumahan, namun internet sudah berkembang penggunaanya khusus nya untuk smart phone maupun tablet. Sejak awal tahun 2013 BlackBerry sudah mulai menggunakan akses data internet untuk menjalankan layanan-layanan BlackBerry seperti BBM, BlackBerry World dan lainnya yang digunakan di perangkat BlackBerry 10 hingga model terbarunya BlackBerry Z3. Sebelumnya BlackBerry menggunakan layanan paket data Blackberry atau lebih dikenal dengan BIS (BlackBerry Internet Service) untuk menjalankan layanannya yang walaupun sampai saat ini masih banyak pengguna BlackBerry selain BlackBerry 10 yang masih menggnakan layanan paket data Blackberry.

Kecepatan akses Internet 

Di Indonesia terdapat beberapa operator selular yang menyediakan akses internet untuk keperluan umum ataupun khusus perangkat mobile seperti smart phone dan tablet. Beberapa operator menawarkan beberapa paket yang bervariasi, namun diluar dari paket yang diberikan justru yang terpenting adalah akses dan kecepatan. Saya mendengar dari beberepa pembaca disini ada yang complain mengenai jaringan duntuk operator A namun yang lain memberi testimoni untuk operator A tersebut. Jaringan mobile internet melalui operator di kirimkan melalui transmisi udara yang tentunya kualitas sinyal sangat-sangat berpengaruh. Bagus tidaknya transmisi radio dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya.

  • Jarak Transmiter (BTS) ke perangkat mobile
  • Kualitas power dari transmiter (BTS) dan juga perangkat
  • Suhu dan kelembaban
  • Obstacle atau penghalang

Jadi belum tentu operator yang sama menggunakan model perangkat yang sama akan sama pula kualitas sinyal di tempat yang berbeda. Selain itu kecepatan data pun dipengaruhi oleh trafik yang masuk di daerah tersebut. Jika trafik datanya padat tentu kita akan kebagian speed yang sedikit.

Beberapa operator menawarkan kecepatan data hingga 7,2 MB namun kenyataanya tidak segitu, namun dari pengalaman saya saya pernah mendapatkan kecepatan 6-7MB  dari salah satu operator tersebut di salah satu wilayah. Untuk memastikan berapa kecepatan data yang anda dapatkan saat itu anda dapat mengetestnya dengan salah satu aplikasi yang tersedia untuk BlackBerry 10 yaitu Speed Tester. Dengan aplikasi ini anda dapat mengetest berapa aktual speed maksimum dari transmisi data yang dikirimkan ke perangkat BlackBerry 10 anda di setiap tempat yang anda kunjjungi misalnya di rumah, dikantor atau di temat tentertu yang anda ingin menggunakan akses data internet.

Cara Install Speed Tester

Aplikasi Speed tester ini tersedia di BlackBerry World untuk BlackBerry 10 dengan gratis dan anda dapat mencarinya dengan mengetikkan kata kunci speed tester, namun untuk mempermudah anda dapat menscan QR code berikut untuk masuk ke halaman penyedia aplikasi tersebut. Jika sudah masuk anda tinggal tap install, ikuti instruksinya sampai selesai.
QR Code Speed Tester


Cara mengukur kecepatan Mobile Internet

Jaka anda pernah mendengar speedtest.net untuk mengetest kecepatan akses internet melalui komputer dengan cara mengklik begin test lalu akan keluar hasil pengetesannya setelah proses pengeteasan beberapa saat secara otomatis oleh komputer. Sedangkan untuk aplikasi Speed Tester ini hampir sama anda tinggal men tap BEGIN TEST maka secara otomatis perangkat BlackBerry 10 anda akan melakukan pengetesan secara otomatis dan langsung akan keluar hasilnya. Berikut contoh pengetesan Internet Telkomsel di rumah  dengan menggunakan BlackBerry Z30 pada jam 10 malam, dan hasilnya kecepatan hanya 1 Mbps padahal beberapa hari sebelumnya di tempat dan perangkat yang sama bisa mencapai 2 Mbps.
Speed Tester Result


Bagiamana jika hasil test menunjukkan hasil yang tinggi namun kenyataanya masih terasa lambat ketika akses internet?
Hasil pengetesan ini merupakan speed maksimumnya tentu aktualnya akan dibawah itu atau jika mencapai maksimal bisa sesuai dengan hasil test. Juga proses pengetesan dilakukan ke salah satu server yang sudah di set oleh Speed tester yang mungkin trafik kesana lengang seperti jalan di jalan tol yang lebar dan sepi. Namun ketika anda browsing ke salah satu situs dengan trafik padat di jam padat, maka untuk masuk ke situs tersebut aanda akan melewati jalan macet yang kecepatannya tidak sesuai hasil test. Namun setidaknya dengan hasil test ini kita ada gambaran berapa kecepatan akses internet dari salah satu operator di tempat berbeda.