BlackBerry memperkenalkan model barunya Classic dan Passport


3 Model Baru BlackBerry
Beberapa hari lalu BlackBerry yang diwakilkan oleh CEO nya melakukan initial earning call yang dilanjutkan dengan special meeting. Kali ini saya tidak ingin membahas mengenai earning report Blackberry, namun saya lebih suka untuk membahas good news yang diberikan oleh BlackBerry melalui CEO nya yaitu Jhon Chen. Berita bagus nya adalah BlackBerry akan mengeluarkan 3 model barunya yaitu :




Bila dilihat dari ketiga model tersebut, sebenarnya hanya ada 2 model baru yaitu BlackBerry Passport dan Classic, sedangkan Blackberry Z3 merupakan model lama yang bentuk dan tampilannya sama, hanya saja untuk BlackBerry Z3 ini sudah support untuk LTE. Di Indonesia sendiri sepertinya belum ada operator yang sudah menawarkan LTE dengan kecepatan tinggi, yang kemungkinan versi Z3 LTE ini tidak masuk ke Indonesia. Seperti halnya BlackBerry Z10 dengan beberapa variant diantaranya yang sudah versi LTE, dimana untuk yang versi Z3 LTE ini tidak masuk ke Indonesia.

Sedangkan Blackberry Q20 atau BlackBerry Classic merupakan perpaduan perangkat BlackBerry 10 dan BB10 (lama). Bila dilihat dari fisik bagian depan, ada yang tidak biasa di BlackBerry 10 yaitu trackpad, yang mana sejak awal BlackBerry 10 tidak pernah ada trackpad, dan Trackpad ini hanya ada di perangkat BBOS. Sepertinya nama classic ini diambil dari model yang mirip dengan perangkat dengan BBOS dan juga yang khas nya adlah adanya Trackpad. Berdasarkan pengalaman saya menggunakan Belagio dan beberapa Blackberry 10, kesulitan di Blackberry 10 adalah ketika menempatkan kursor di posisi tertentu ketika melakukan penulisan, atau ketika kita ingin meng copy beberapa kutipan kata, yang sangat mudah bila menggunakan trackpad dibandingkan dengan tachscreen di Blackberry 10.
Jhon Chen with 2 new models

Sedangkan untuk BlackBerry Passport Seperti yang terlihat dalam gambar bahwa BlackBerry Passport dengan keyboard fisik namun memiliki layar yang cukup lebar yaitu 4,5 inch. Ukuran ini terlihat tidak biasa atau tidak seperti model-model Blackberry terdahulu baik itu BlackBerry 10 atau BBOS.
Bagi uang menyukai keyboard fisik atau yang menyukai trackpad, kita tunggu kedatangannya.