Transfer data ke BlackBerry 10 menggunakan BlackBerry Link.

BlackBerry Link Transfer
Untuk pengguna baru Blackberry Z10 tentu tidak perlu report memindahkan data dan kontak dari Blackbery lama anda, anda tinggal setting dan masukkan BBID yang baru maka sudah bisa menggunakan BlackBerry Z10 anda. Namun bila ingin menggunakan content di BB lama anda tentu harus dilakukan proses transfer atau pemindahan data. Cara untuk memindahkan data dari BB lama anda dengan menggunakan software desktop khusus BB10 yaitu Blackberry Link atau menggunakan fasilitas switch yang ada di BB anda untuk dipindahkan melalui memmory card. Namun transfer data menggunakan menu switch hanya dapat dalakukan oleh Blackberry Versi 7 sedangkan cersi 4, 5 dan 6 tidak ada fasilitas switch ini. Pada kali ini saya akan menjelaskan step-step untuk memindahkan content menggunakan BlackBerry Link.




Sebelum memulai proses transfer, harus diingat bahwa Z10 menggunakan jenis kartu Micro SIM card yang ukurannya lebih kecil dari SIM card Blackberry lama. Kita bisa menggunakan kartu SIM lama yang dipotong atau ditukar di operator atau menggunakan kartu baru, jadi kartu lama tetap digunakan oleh BB lama anda sedangkan Z10 anda menggunakan kartu SIM baru dengan nomor baru. tinggal kita tentukan apakah Z10 anda akan menggunakan BBID yang lama atau yang baru.

Berikut step-step proses transfer ke BB 10 anda:

1. Dowbload BBLink dari site resmi Blackberry yaitu http://www.BlackBerry.com/BlackBerryLink, kemudian install.
Site Download Blackberry Link

2. Masukkan BB ID yang akan digunakan di BB10 anda

Masukkan BBID

3. Hubungkan BB yang akan ditransfer, saat ini saya menggunakan 9790. BlackBerryLink hanya mensupport BB10 saja, dan apanila kita menghubungkan unit selain BB10 maka  akan keluar pemberitahuan tidak support, dan hanya untuk keperluan transfer saja atau meminta untuk mendownload Desktop manager yang support BB lama.

Transfer BB10 dengan Blackberry Link - Step 1

4. Sebelum melanjutkan proses transfer, BBLink akan menginformasikan apasaja yang akan di transfer dan apa yang tidak bisa sesuai list dalam screencapture berikut. Perlu diingat untuk email harus di setup ulang, Untuk 3rd party aplikasi harus didownload ulang di BlackBerry World karena perbedaan OS, apabila aplikasi tersebut belum tersedia di BB10 maka kita tidak dapat menggunakan lagi aplikasi tersebut. Untuk aplikasi Memmo di BB10 sudah digabungkan ke aplikasi reminder, jadi untuk memmo bisa di check di aplikasi reminder BB10. Untuk pengguna BES (Blackberry Enterprise Server) harus lapor ke admin IT karena untuk BB10 harus menggunakan BES 10.

Transfer BB10 dengan Blackberry Link - Step 2

5. Proses penyalinan data dari device lama.
Transfer BB10 dengan Blackberry Link - Step 3

6. Setelah proses copy selesai, ada pemberitahuan untuk memasukkan micro SIM, namun berdasarkan hasil percobaan tanpa MicroSIM pun masih bisa, namun belum tahu efeknya.
Transfer BB10 dengan Blackberry Link - Step 4

7.Hubungkan Z10 anda, secara otomatis akan luar gambar logo BB beserta info PIN dan model nya. klik pada gambar logo tersebut.
Transfer BB10 dengan Blackberry Link - Step 5

8. Proses pemindahan data
Transfer BB10 dengan Blackberry Link - Step 6

9. Pemberitahuan bila proses telah selesai.
Transfer BB10 dengan Blackberry Link - Step 7

10. Sampai sini proses transfer telah selesai, namun bila ingin mensinkronkan kontak dan kalender yang ada di outlook, maka silahkan untuk melanjutkan proses selanjutnya dan ikuti instruksinya sampai selesai.
Transfer BB10 dengan Blackberry Link - Step 8

Selain metode diatasada lagi metode lain untuk mentransfer content ke BB10, yang akan di jelaskan pada artikel berikutnya. Untuk memastikan menggunakan versi BlackBerry link yang terbaru sebelum melakukan aktifitas dengan Blackberry link untuk menutupi kekurangan sebelumnya atau untuk perbaikan system dari BlackBerry Link tersebut, dan untuk mendapatkan versi terbarunya bisa di cek di alamat website resmi BlackBerry http://www.BlackBerry.com/BlackBerryLink.