Blackberry 10 hadir di Indonesia

BlackBerry Z10

Blackberry baru saja memperkenalkan secara resmi model barunya yaitu Z10 yang diperkenalkan di Ritz Carlton pada 4 Maret 2013 lalu. Blackberry akhirnya hadir dengan beberapa pembaharuan seperti OS baru yang dinamakan Blackberry 10 atau BB10 dengan keunggulan open source sehingga para developer lebih mudah untuk membuat aplikasi blackberry ini. Saat ini Blackberry sudah mengclaim bahwa ada 70.000 aplikasi yang sudah tersedia untuk BB10 ini. Juga Blackberry kini tidak lagi menggunakan BIS atau Blackberry Internet Service namun lebih mengandalkan internet akses.

Merupakan model pertama dari BB10 yang mengusung full touch screen tanpa ada tombol “Home”, akan ada sekitar 8 model lagi yang akan dikeluarkan Blackberry di tahun 2013 ini dan model yang akan keluar dalam waktu dekat adalah Q10 dengan model Qwerty.


Blackberry Z10 hadir dalam dua warna hitam dan putih yang menggunakan processor Qualcomm Snapdragon MSM8960 dual-core 1,5 GHz, proses grafis menggunakan Adreno 225 dan memory 2 GB. Serta media penyimpanan internal sebesar 16 GB yang dapat ditambahkan dengan external memory microSD. Lebar layar 4,2 inci dengan resolusi 1.280 x 768 pixel.

Dengan spesifikasi tersebut sekarang sudah tidak ada lagi istilah jam pasir karena prosesor tidak kuat atau keterbatasan internal memory. Juga start up Z10 ini jauh lebih cepat dibandingkan Blackberry model sebelumnya yaitu yang menggunakan OS 7 kebawah.
Acara yang diadakan di Ritz Carlton lalu merupakan acara “media launch” penjualan nya sendiri baru akan diadakan pada tanggal 15 Maret 2013 malam di Senayan City. Namun pre-order sudah dibuka secara online melalui beberapa operator diantaranya XL, Telkomsel, Indosat dan AXIS. Pemesanan dapat dilakukan melalui website resmi operator-operator tersebut. Setelah itu Z10 sudah tersedia di toko-toko atau Blackberry lifestyle.

Harga BlackBerry Z10 yang ditawarkan adalah Rp.6.999.000 namun operator menawarkan harga bundling dengan harga mulai Rp.6.400.000 dengan variasi paket yang berbeda-beda. Paket data yang digunakan oleh Z10 ini berbeda dengan BB sebelumnya, bila sebelumnya menggunakan BIS (Blackberry Internet Service) dengan paket-paket BB yang bervariasi oleh masing-masing operator seperti paket gaul, paket full dll. Namun  BB10 tidak lagi menggunakan BIS namun menggunakan akses internet dimana paket nya tentu berbeda dengan paket BIS.  Bila membeli unit Z10 dengan paket bundling tentu tidak masalah, namun bila melakukan pembelian terpisah maka bila salah membeli paket data maka  ada kemungkinan paket tersebut tidak bisa digunakan dan akan di charge dari pulsa. Bila anda berniat membeli maka cari tahu secara detail sebelum membeli.

OS BlackBerry 10 berbasiskan QNX yangmana QNX ini merupakan bahasa pemprograman untuk membuat aplikasi BlackBerry 10. QNX ini sebelumnya digunakan dibeberapa Bidajng industri seperti automotive dan peralatan medical yag kemudian QNX ini diakuisisi oleh BlackBerry dan digunakan pertama kali untuk perangkat tablet BlackBerry yaitu PlayBook. OS yang digunakan untuk model-model sebelumnya dengan versi 5/6/7 berbasiskan Java sebagai pembentuk dari aplikasi BlackBerry versi tersebut.  Kelebihan dari BlackBerry 10 ini adalah open source aplikasi yang memungkinkan para developer aplikasi untuk membuat Aplikasi untuk BlackBerry 10. BlackBerry menyediakan beberapa tool untuk mempermudah developer untuk menciptakan aplikasi ataupun game yang berbasiskan QNX, bukan hanya itu saja, BlackBerry juga memberikan pelatihan singkat untuk para developer untuk proses pembuatan aplikasi nya itu, acara yang disebut BlackBerry Jam merupakan acara berkumpulnya para developer untuk diajarkan maupun diarahkan dalam pembuatan Blackberry 10. Dengan ini semua diharapkan BlackBerry 10 akan berkembang mengikuti persaingan dari brand-brand mobile phone ternama lainnya.