Antusiasme terhadap BB10 masih cukup tinggi


Antusiasme BlackBerry Z10
Setelah diperkenalkan ke media pada tanggal 5 Maret Lalu dan dibukanya pre-order, dan akhirnya pada rabu 13 Maret 2013 malam masyarakat Indonesia sudah bisa menikmati Blackberry Z1 dengan OS barunya Blackberry. Harga Blackberry 10 ini adalah Rp. 6.999.000 namun dengan pre-order Telkomsel menawarkan harga Rp. 6.500.000 dengan paket-paket bundling yang cukup menarik. Telkomsel menawarkan 4 paket bundling saat pre order lalu yaitu paket KartuHalo 1 khusus pelanggan yang sudah memiliki hartu Halo sebelumnya, serta Paket kartuHalo 2 dan KartuHalo 3 dengan komitmen pemakaian selama 12 bulan serta paket keempat yaitu paket budling Simpati dengan keuntungan gratis data 1,2 GB perbulan selama 3 bulan pemakaian.



Setelah dimulai launching perdana oleh Telkomsel kemudian dilanjutkan dengan operator XL dan Indosat. Operator-operator tersebut menggaet distributor resmi Blackberry yaitu TAM, Comtech dan SCM.
Antusiasme yang tinggi terhadap Z10.

Sejak dibukanya Pre-Order oleh beberapa operator sejak tanggal 5 Maret 2013 sampai di launch,  respon dari pelanggan cukup tinggi. Selama satu minggu peluncuran perdana Telkomsel berhasil menjual 3000 unit Z10 sedangkan Indosat menjual sebanyak 2000 dan  XL lebih dari 1000 unit Z10.

Harga Pre-Order Lebih Murah
Pada umumnya pre-order akan memberikan keuntungan kepada pelanggan termasuk pada penjualan Blackberry Z10 ini.  Harga Ritel yang akan dipasarkan adalah Rp.6.999.000 sedangkan dengan pre order pelanggan bisa mendapatkan dengan harga sekitar Rp.6.500.000 atau lebih murah. Selain harga yang murah operator membundling unit penjualannnya dengan paket layanan yang ditawarkan oleh operator khususnya paket data untuk Z10.

Paket data untuk Blackberry Z10 ini berbeda dengan blackberry sebelumnya. Jika sebelum nya pengguna blackberry harus menggunakan layanan BIS (Blackberry Internet Service) untuk dapat menggunakan layanan-layanan blackberry seperti BBM, push email, browsing internet dan lainnya. Dengan paket-paket BIS yang bervariasi dari operator seperti paket BB gaul, BB Biz, BB full dan lain-lain. Namun untuk dapat menggunakan layanan Blackberry di Z10 kita menggunakan akses internet, seperti brand-brand lain seperti Iphone atau perangkat dengan OS android. Sehingga operator sekarang mengeluarkan paket khusus BB10 ini. Kelebihannya adalah kita dapat menggunakan layanan Blackberry menggunakan Wi-Fi akses bila kartu SIM tidak memiliki paket data, Saya sendiri sudah mencoba menggunakan akses Wi-Fi tanpa memasang micro SIM untuk menggunakan layanan Blackberry seperti BBM, Push Email akses ke Blackberry World  dan berjalan normal.

BlackBerry Z10 merupakan model pertama dari BlackBerry yang mengusung OS berbasiskan QNX yang disebut dengan Blackberry 10, tentunya hal baru di perangkat baru yang akan memberikan sensasi baru tentunya sebagai pengguna smartphone khususnya BlackBerry.  QNX sendiri merupakan bahasa pemprograman yang sebelumnya sudah diaplikasikan di dunia automotif dan medical, yang kemudian digunakan pula oleh BlackBerry untuk operating system tablet BlackBerry yang dikenal dengan nama PlayBook. QNX ini digunakan oleh BlackBerry setelah BlackBerry mengambil alih dan membeli QNX ini dari perusahaan sebelumnya, yang kemudian dikembangkan untuk operating System BlackBerry X yang akhirnya diberi nama BlackBerry 10. Salah satu kelebihan BlackBerry 10 dengan basis QNX adalah, Blackberry membuat open source pada bahasa pemprograman ini sehingga para developer atau siapa saja dapat membuat aplikasi untuk BlackBerry 10 tentunya dengan melakukan pemfilteran oleh team aplikasi BlackBerry sebelum nantinya di pampang di BlackBerry World. Selain itu BlackBerry juga memberikan beberapa tool untuk mempermudah pembuatan aplikasi untuk BlackBerry 10, disamping itu BlackBerry memberikan pelatihan kepada developer dalam men develop suatu aplikasi. Harapannya BlackBerry 10 didukung oleh banyak aplikasi yang berkualitas untuk menarik pengguna baru.