Cara transfer ke Blackberry 10 menggunakan Memmory/SD Card


Transfer ke BlackBerry 10 melalui SD Card
Artikel sebelumnya sudah dijelaskan step-step mengenai bagaimana cara transfer dari Blackberry lama untuk yang menggunakan OS 4,5,6 dan & 7 untuk dipindahkan ke Blackberry 10 yaitu model BlackBerry Z10 menggunakan Blackberry Link.  Sekarang saya akan memberikan cara bagaimana mentransfer dari Blackberry lama anda ke Blackberry 10 melalui Media Card (Micro SD Card) menggunakan fasilitas SWITCH yang ada di  menu blackberry anda, namun fasilitas ini hanya tersedia untuk Blackberry dengan OS 7.xx.  Bila BB anda masih versi dibawah versi 7, dan ingin menggunakan cara ini maka anda harus update ke versi & terlebih dahulu.
Beberapa hal yang perlu diingat bahwa ada beberapa content yang tidak bisa ditransfer ke Z10 menggunakan cara ini dan ada yang harus dilakukan setelah proses transfer menggunakan Memmory card telah selesai , beberapa hal yang harus dilakukan adalah :

-          Aplikasi yang ada di BB versi 7 tidak bisa di transfer  ke BB10 karena berbeda OS, namun list aplikasi yang sebelumnya sudah pernah diinstal di BB OS 7 akan tetap ada list nya di My BB World anda selama aplikasi tersebut tersedia untuk BB10. Aanda tinggal masuk ke My BB world dan lihat list apa saja yang tersedia  untuk didownload ke BB10 anda, anda tinggal mendownload tanpa harus mencari satu persatu.
-          Beberapa pengguna BB sering menggunakan aplikasi Memmo untuk menyimpan catatan-catatan kecil. Di Z10 aplikasi Memmo sudah tidak ada lagi, namun memo yang anda simpan di BB lama anda dapat dilihat di aplikasi remember  BB10. Aplikasi remember merupakan gabungan antara memo & task dengan fasilitas tambahan seperti share ke beberapa media, attach gambar, video atau suara sebagai pendukung memo anda dan bisa dipasangkan alarm pengingat.
-          Blackberry Enterprise Server (BES)  merupakan infrastruktur yang memungkinkan suatu perusahaan dapat mengatur karyawannya yang menggunakan Blackberry. Pada  BB lama BES yang digunakan adalah  versi 5 sedangkan untuk BB10 menggunakan BES versi 10 yang banyak perubahannya. Sehingga bila anda mentransfer ke BB10 maka anda harus lapor ke admin IT yang mengelola BES perusahaan anda.

Berikut cara mentransfer ke BB10 menggunakan fasilitas Switch menggunakan Memmory Card:

1. Masuk ke Menu SETUP di BB 7 anda:
Pilih Menu Switch Device

2. Pilih "Using a Media Card" untuk media transfer melalui SD Card
Pilih SD Card


 3. Pemberitahuan untuk menyimpan email
Save Email

4. Masukkan Password untuk data yang akan anda simpan atau transfer, ketika proses pemindahan ke BB10 maka masukkan kembali password ini.
Masukkan Password

5. Proses penyimpanan, tunggu sampai proses complete
Proses Penyimpanan

6.  Setelah proses penyimpanan ke Memmory Card selesai, lepas memmory card dan pindahkan ke BB10
Pindah Memmory Card ke BB10

7. Di Z10 pilih menu setup dan cari Device Switch
Switch Device di BB10

8.  Masukkan password yang dibuat di BB lama anda
Masukkan Password di BB10

9. Proses Selesai
Proses Transfer Selesai


Bila proses telah selesai, periksa kembali data-data tersebut apakah sudah benar-benar masuk semua atau ada sebagian yang tidak masuk.  Mungkin saja terjadi bahwa pengembalian data tidak sempurna dikarenakan beberapa hal, salah satunya kerusakan atau kesalahan pada file yang ditransfer yang memungkinkan data tidak tersimpan dengan sempurna, beberapa kasus juga terjadi kegagalan pengembalian data karena system aplikasi dari BlackBerry 10 yang tidak standar, ini disebabkan karena sebelumnya BlackBerry 10 nya diinstal tidak dengan prosedur yang benar seperti menggunakan OS leak yang belum direkomendasikan oleh BlackBerry.