Cara Custom Notifikasi atau Ringtone untuk spesifik kontak


Kontak yang ada di BlackBerry 10 berbeda dengan kontak yang ada di BlackBerry sebelumnya yaitu yang menggunakan OS 7 dan di bawah nya. Di BlackBerry 10, mulai dari model yang pertama sampai sekarang, semua kontak tersimpan dalam satu halaman kontak atau contact, yang termasuk di dalamnya kontak telepon, email, BBM, social media twitter, Facebook dan kontak lainnya.  Dari macam-macam kontak yang berkumpul dalam satu tempat kandang terdapat satu orang yang terdiri dari kontak yang berlainan, dan walaupun berbeda nama antara kontak telepon, kontak BBM, kontak email dan lainnya, namun di BlackBerry 10 termasuk model terbarunya BlackBerry Z3, kontak - kontak tersebut dapat digabungkan menjadi satu kontak saja dengan menggunakan menu link.

Selain berkumpul nya semua kontak dalam satu tempat, yang memudahkan pengguna untuk mencari kontak di satu tempat saja tanpa harus berpindah pindah menu untuk mencari kontak yang dicari.
Dari kemudahan-kemudahan tersebut, kontak yang dapat di customize untuk notifikasi atau pemberitahuannya ketika ada panggilan masuk atau ada pesan masuk untuk spesifik kontak. Contoh ketika ada telpon masuk dari bos akan berdering nada A, bila orang tua yang telpon berdering nada B dan seterusnya. Fitur seperti ini mungkin sudah biasa dan sudah ada di merek lain sejak lama, namun mungkin ada juga pengguna BlackBerry 10  yang belum tahu cara untuk mengaktifkan ini, atau bahkan mungkin baru menyadari nya ketika membaca tulisan ini.


Cara Setting custom notifikasi

Untuk menggunakan custom nada bisa menggunakan nada-nada ringtone yang sudah ada atau bisa juga menambah kan ringtone atau lagu dari luar. Setelah ringtone atau lagu yang akan dipakai sudah siap maka lanjut dengan penyetingan.

  • Buka menu setting, bisa dari icon menu setting yang ada di home atau dengan cara me wipe atau men tap dari atas layar kebawah, kemudian tap menu setting. 
Z3 Setting menu
  • Kemudian pilih menu notification yang bergambar lonceng
  • Setelah terbuka cari tulisan contact dibagian bawah layar lalu di tap akan terbuka halaman contact notification. 

Notification Contact
  • Dibagian paling bawah ada tulisan customise for contact, lalu pilih menu itu.
  • Akan keluar list contact, dan pilih salah satu contact yang akan kita customise lalu di tap untuk memilih nya.
  • Setelah contact dipilih, akan terbuka menu notifikasi phone call, message dll. Lalu pilih salah satu terlebih dahulu. yang nantinya bisa di lanjut kan dengan meng customise yang lain nya. 

Notification option
  • Contoh saya pilih phone calls karena sebelumnya saya sudah memilih kontak telepon.
  • Setelah dipilih ada beberapa opsi yang akan di customize yaitu tone, vibrate dan led. 
  • Kita dapat memilih nada atau tone yang kita kehendaki dari nada yang sudah ada atau mengunakan ringtone atau musik yang kita punya dengan memilih browse music. 

Alert Setting
  • Demikian pula dengan vibrate dan led yang mana kita bisa mengaktifkan atau tidak. 
  • Setelah semua sudah disetting lalu tap tombol back untuk menyimpan dan kemudian keluar.
Sekarang kontak tersebut sudah di customise sehingga jika ada panggilan masuk akan berbunyi dengan nada yang berbeda dari yang lainnya, begitu pula vibrate dan led yang akan bekerja sesuai dengan apa yang kita seting sebelumnya.
Demikian panduannya semoga bermanfaat.