Membaca artikel berita menggunakan RSS feed


RSS on Z3Perangkat handphone saat ini bukan hanya sebagai alat telekomunikasi baik itu komunikasi suara ataupun pesan text. Handphone dan smart phone dikota besar sat ini sudah menjadi asisten pribadi penggunanya, mulai dari pengingat kegiatan atau event tertentu, sebagai alat hiburan, dan fungsi lainnya yang ada di smartphone. Saya sendiri menggunakan smartphone untuk mendukung produktifitas pekerjaan dan juga keseharian. Salah satu yang saya suka menggunakan smartphone ini adalah untuk browsing dan membaca berita, baik itu berita lokal ataupun berita luar. 
Saat ini browsing internet melalui smartphone  masih menjadi kegiatan yang sering dilakukan disela sela kegiatan harian, untuk beberapa situasi yang sering saya buka kadang tidak menyediakan mode mobile atau yang lebih sederhana sehingga bagian berita berita yang ingin kita baca tersamarkan oleh iklan atau tampilan pendukung.  Karena itu walau saya masih sering browsing menggunakan browser internet bawaan di BlackBerry Z3, namun saya lebih suka membaca melalui RSS feed, mengapa saya suka menggunakan RSS feed:


Keuntungan menggunakan RSS Feed

  1. Menampilkan banyak judul artikel atau berita dalam satu halaman
  2. Menampilkan list judulnya saja sehingga akan mudah memilih tulisan mana yang akan dibaca.
  3. Memaparkan resume tulisannya saja, sebelum menentukan untuk melanjutkan membuka tulisan lebih lengkap. 
  4. Loading lebih cepat karena hanya menampilkan simple text.
  5. Menghemat quota bandwidth internet. Yang tentunya menghemat rupiah.
Namun sayangnya tidak semua website memberikan fasilitas RSS feed untuk pembacanya yang mungkin bisa dipahami bahwa bila pembaca banyak yang menggunakan RSS Feed maka akan sedikit yang masuk ke halaman websitenya yang disana sudah dipasangkan iklan atau banner yang merupakan income untuk membiayai websitenya.

RSS application
Ketika saya ingin menggunakan RSS feed saya mencoba mencarinya di BlackBerry World, dan ternyata ada beberapa aplikasi untuk menarik artikel atau berita kedalam smartphone untuk selanjutnya dapat kita buka dan kita baca.
Beberapa aplikasi yang ada di BlackBerry World dan beberapa diantaranya pernah saya coba di BlackBerry 10 diantaranya Multifeed, Feedza namun ternyata banyak sekali aplikasi RSS yang ada di BlackBerry World.



RSS display

Dari aplikasi-aplikasi tersebut ada beberapa diantaranya yang gratis ataupun berbayar, dan ada yang bagus dan tidak bagus menurut saya. Akhirnya saya menggunakan aplikasi RSS feed By Shadowfax Apps yang menurut saya simple dan sudah memenuhi kebutuhan utama saya untuk menarik dan membaca artikel dari beberapa website sekaligus dengan aplikasi yang ringan ini. Bila anda ingin mencobanya tidak ada salahnya namun beberapa harus registrasi terlebih dahulu dan beberapa aplikasi sudah di feed ke beberapa website yaang sudah ditentukan oleh produsennya.
Selamat mencoba.