Cara Setting dan menggunakan picture password

Picture Password
Hampir semua perangkat mobile, seperti handphone, smartphone, tablet ataupun laptop semua memiliki fitur untuk mengunci system sehingga pengguna yang tidak memiliki kuncinya tidak dapat masuk lebih dalam ke system untuk melakukan aktifitas - aktifitas yang lebih jauh.  Model penguncian dan cara membuka kunci sangat beragam, mulai dari yang konvensional dengan memasukkan karakter password ke kolom yang disediakan, sampai pemukaan kunci menggunakan finger scan atau scan jari tangan. Namun sejauh BlackBerry hanya menggunakan password karakter dan picture password  atau kata kunci menggunakan gambar. Bagi pengguna BlackBerry, picture password masih baru dan mungkin beberapa diantara pengguna Blackberry 10 belum mengerti apa itu picture password bahkan mungkin juga belum tahu apakah ada fitur picture password di Blackberry 10.
Picture Password baru muncul di BlackBerry 10  pada OS versi 10.2.1 dimana OS ini merupakan versi OS dengan banyak perubahan yang salah satuya sudah saya paparkan adalah kemuampuan menjalankan Radio FM. Kali ini saya akan memaparkan cara setting dan menggunakan picture password di BlackBerry 10 dan saya menggunakan BlackBerry Z3 untuk mencobanya. Dimana Picture password ini merupakan kombinasi antara gambar dan angka, dan untuk mengetahu lebih detail silahkan ikuti panduannya


Cara Setting picture password
Sebelum mensetting picture password, pastikan bahwa OS yag anda gunakan adalah OS versi 10.2.1 karena bila OS dibawah  versi tersebut tidak akan muncul fitur picture password tersebut. Walau nantinya perangkat BlackBerry 10 anda sudah menggunakan picture password namun tetap password yang menggunakan karakter masih digunakan, sebagai recovery atau second password bila picture password anda lupa. Langsung saja ke step penyetingan :

  • Buka menu setting dari menu setting bergambar gear atau me-wipe dari atas ke bawah dampai muncul menu setting
  • Kemudian Cari menu Security and Privacy
  • Pilih Device Password yang bergamabar anak kunci
  • Aktifkan Device password yang diikuti  mengaktifkan picture password dengan mengubah ke posisi ON
  • Ketika mengaktifkan password akan diminta untuk memasukkan password atau kata kunci sebagai kata kunci utama dan ketika picture password lupa.
Device Password

  • Ketika mengaktifkan picture password, anda akan dibawa ke halaman panduan dan penjelasan singkat apa itu picture password. Kemudian Tap Next untuk melanjutkan
  • Pada layar selanjutnya anda akan diminta untuk memilih salah satu gambar yang anda gunakan sebagai password
Pictures option

  • Setelah gambar dipilih akan otomatis pindah kehalaman selanjutnya, yaitu pemilihan angka dari 0-9. Pilih salah satu angka yang menurut anda paling special.
  • Pada halaman selanjutnya anda diminta untuk menggeser angka yang dipilih tadi ke salah satu posisi ataupun salah satu objek gambar. Jika sudah yakin pas kemudian tap Next
Combinations Picture & Number

  • Tahap terakhir anda harus meng confirm apa yang telah ada setting sebelumnya, dengan menggeser salah satu a\ngka pilihan anda ke salah satu object, Bila benar maka ada pemberitahuan bahwa picture password confirm, Tap Done untuk selesai.

Test dan penggunaan Picture password


Dari hasil setting diatas tentunya anda ingin mencoba lagi dengan kasus yang nyata yaitu posisi perangkat terkunci dan membukanya dengan kombinasi gambar dan angka yang telah kita set. 
  • Untuk mencobanya anda dapat mengunci perangkat terlebih dahulu dengan menekan tombol power sampai keluar logo lock atau kunci, kemudian tap di logo tersebut untuk mengunci perangkat. 
Lock Device

  • Cara membukanya anda harus me-wipe dari bawah layar ke arah atas sampai layar aktif, akan muncul gambar dan angka yang acak, lalu anda cari angka yang tadi dipilih dan geserkan ke posisi yang telah anda tentukan sebelumnya. 
Picture Password Z3

  • Bila Berhasil maka anda akan masuk ke menu utama namun bila tidak berhasil akan kembali ke gambar sebelumnya untuk mengkombinasikan kembali gambar dan angka yang telah anda pilih.
  • Bila tidak berhasil maka akan ada pemberitahuan bahwa anda telah melakukan 2 kali percobaan dari 10 yang ditetapkan, bila lebih dari 5 kali salah memasukkan picture password maka anda akan diarahkan untuk mengisi password atau kata kunci berupa karakter yang sebelumnya juga sudah anda set. Dan jika password masin tidak sesuai sampai 10 kali maka perangkat akan melakukan wipe atau penghapusan data.
Fitur ini merupakan fitur tambahan dari fitur utama yaitu device password yang memasukkan kata atau karakter kedalam kolom password yang diminta. Namun untuk membuat lebih secure BlackBerry memberikan fitur tambahan yaitu picture password yang memberikan keamanan lebih. Dengan kombinasi gambar dan angka sangat sulit orang untuk mengetahui password kita walaupun kita tunjukkan dihadapannya ketika kita membuka password dengan gambar.
Silahkan mencoba