BlackBerry Virtual Expert (BBVE) aplikasi untuk mengetest perangkat BB10 anda


BlackBerry Virtual Expert
BlackBerry Virtual Expert atau disingkat dengan BBVE adalah aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh BlackBerry namun bukan merupakan aplikasi bawaan BlackBerry 10 atau harus didownload dari BlackBerry World terlebih dahulu untuk nantinya diinstall di perangkat BlackBerry 10. BBVE ini merupakan aplikasi untuk melakukan diagnosa beberapa fungsi pada perangkat BlackBerry 10. Proses diagnosa diatur oleh pengguna dan pada beberapa bagian, BlackBerry dapat melakukan diagnosa secara otomatis. Diagnosa di sini adalah mencari tahu apakah ada bagian yang bermasalah atau mencari tahu dari mana masalah itu berasal, yang pengecekan dilakukan oleh  pengguna dengan mengikuti instruksi yang tampil di layar.
Pada Blackberry  OS 7 mungkin sudah kap, ada fasilitas untuk  melakukan auto check perangkat BlackBerry yang dilakukan secara otomatis walaupun tidak terlalu lengkap. Fasilitas ini sudah ada di menu setting dan merupakan menu bawaan dari BlackBerry versi 7. BlackBerry Virtual expert juga sudah tersedia untuk BlackBerry OS versi 7 dan tentunya dengan fungsi yang lebih lengkap dari fungsi check bawaan OS 7 tersebut.

Cara menggunakan BBVE

Pertama anda harus install aplikasi BBVE tersebut dari BlackBerry World dengan mencarinya dengan kata kunci BBVE dan setelah aplikasi ditemukan lalu diinstal. Setelah diinstal dan dijalankan maka Pada menu utama yang terdapat pada bagian bawah layar terdiri dari 3 menu utama yaitu : Health, Tests and Results

Menu Health – Yang merupakan monitoring kondisi dan status dari beberapa fitur perangkat, adapun bagian-bagian yang dimonitor atau yang ditampilkan adalah :

  • Model perangkat , contoh Q10 SQN100-3, Z10 STL100-1 dan seterusnya 
  • OS versi, berisi OS yang terpasang di perangkat saat itu
  • Monitoring penggunaan memory, Berapa persen pemakaian Memory atau RAM saat itu
  • Status charging dan monitoring battery, Status pengecasan dan status isi battery
  • Status koneksi, status on/off konektifitas yang tersedia seperti WiFi, Network dll
  • Monitoring kapasitas penggunaan media penyimpanan, Berapa banyak memory yang sudah terpaka dan berapa sisanya, untuk media penyimpanan internal dan external

Menu Tests – Untuk melakukan test atau diagnose, adapun yang bisa ditest adalah :

  • All Test
  • Display Tests
  • Audio Test
  • Keypad Test
  • Sensor Test
  • Network & Connectivity Test

Bila anda ingin melakukan keseluruhan test termasuk test semua tombol, fungsi sensor, lampu led dan beberapa fungsi utama seperti layar, suara dll, maka bisa dipilih All test yang terdiri dari 25 test yang memerlukan waktu sekitar 10-15 menit, dari setiap test tersebut ada yang secara otomatis ditentukan oleh perangkat dan ada pula yang kita tentukan rusak tidaknya suatu fungsi. Namun bila terjadi masalah pada beberapa fungsi saja, seperti audio atau keypad, maka cukup men test pada menu keypad atau audio saja.

Menu Results – Hasil dari proses test yang sudah dilakukan
Pada akhir pengetesan pada perangkat BlackBerry 10 anda akan langsung ditampilkan hasil pengetesannya, dari yang saya sudah lakukan untuk all test dan hasilnya 25 pass tests dan 0 fail tests, yang artinya semua fungsi berfungsi dengan baik.
BBVE results

Ditemukan kerusakan atau fail setelah test

Jika setelah melakukan test ternyata ditemukan satu atau beberapa fungsi nya adalah fail, ini berarti ada masalah pada fungsi perangkat tersebut yang harus diperbaiki.  Alat ini bukan untuk perbaikan namun hanya sebatas test dan diagnose, sedangkan untuk perbaikannya bisa dilakukan sendiri atau diserahkan ke tempat service terpercaya. Bila kemungkinan kerusakan terkait dengan software bisa dilakukan oleh kita sendiri namun bila kerusakan terkait hardware harus diperbaiki di tempat perbaikan BlackBerry.