BlackBerry "Jakarta" akan diluncurkan tanpa keyboard fisik

BlackBerry Full Touchscreen
Dalam publikasi laporan finance nya Jhon Chen selaku CEO baru perusahaan ponsel ternama yaitu BlackBerry mengumumkan laporan-laporan nya yang didalamya disisipkan informasi untuk meluncurkan Model barunya yang akan diberi nama Jakarta yang salah satu tujuannya kenapa diberi nama Jakarta adalah untuk memfokuskan penjualan BlackBerry ini di Indonesia khususnya Jakarta sebagai populasi terbesar penjualan Blackberry.  Dalam websitenya BGR menginformasikan berdasarkan konfirmasinya dengan BlackBerry  bahwa model yang akan diluncurkan dengan kode name Jakarta ini akan diluncurkan tanpa keyboard fisik.  Sebelum-sebelumnya BlackBerry biasanya mengeluarkan model dengan versi murah dengan disertai keyboard fisik, seperti BlackBerry Q5 yang merupakan versi termurah untuk BlackBerry 10 termasuk  untuk model-model BlackBerry dengan platform OS versi 7 yang menggunakan keyboard fisik untuk model – model low end nya.


Model dengan nama Jakarta bukan merupakan satu-satunya berita yang dipublikasikan oleh Jhon Chen, namun berita lainnya yang menjadi berita penting adalah kontrak dengan Foxconn selaku pabrik dan supplier sparepart untuk perangkat mobile yang ditunjuk untuk memproduksi model BlackBerry Jakarta ini. BlackBerry memiliki beberapa bisnis unit yang menjanjikan selain penjualan perangkat BlackBerry itu sendiri, dan yang menjadi fokus BlackBerry kedepannya adalah di dunia enterprise yang saat ini diclaim bahwa Blackberry adalah perusahaan dengan bisnis enterprise terbesar dimana untuk enterprise ini  memungkinkan client nya adalah bukan dari perangkat BlackBerry saja sehingga jangkauan pelanggannya bisa menjadi lebih luas.

Foxonn sendiri merupakan perusahaan pembuat perangkat yang membuat perangkat mobile untuk beberapa brand ternama, dan rencananya foxonn ini akan mendirikan pabriknya di Indonesia. Sejak akhir-akhir tahun2013 sudah terdengar rencana – rencana tersebut untuk mendirikan pabriknya di daerah jawa atau Cikande Tanggerang atau bahkan darah lainnya yang sebelumnya tidak masuk dalam rencana  berdasarkan survey yang telah mereka lakukan. Rencananya model baru yang diberi nama Jakarta itu akan diluncuran pada bulan April 2014 ini. Ini merupakan waktu yang singkat yang mungkin saat ini Foxonn sudah sangat siap untuk memproduksinya, namun foxonn masih memiliki banyak pabrik yang sudah berjalan dengan baik dan tidak sulit untuk perusahaan sebesar Foxonn untuk memproduksi Blackberry Jakarta ini di Indonesia ataupun di pabriknya diluar Indonesia. Kita tunggu saja BlackBerry Jakarta dengan platform BlackBerry 10 yang katanya dibandrol dengan harga murah.

Keuntungan Full Touch Screen

Perbedaan secara fisik antara full touch screen dan keyboard fisik adalah dari sisi layar yang lebih besar dan lebar untuk full touch screen dan adanya keyboard fisik namun layar yang lebih kecil untuk model-model yang menggunakan keyboard fisik. Selama ini saya menggunakan 2 model diatas yaitu BlackBerry Q10 dan Z10 dan sebelumnya saya terbiasa dengan keyboard fisik. Banyak alasan seseorang memilih full touch screen atau keyboard fisik, salah satunya kebiasaan dan faktor kegunaan. Dari pengalaman menggunakan kedua model diatas bahwa full touch screen sangat cocok digunakan selain untuk alat komunikasi namun juga untuk membaca, browsing, menampilkan gambar/foto dan main game. Sedangkan untuk BlackBerry Q10 dengan keyboard fisik saya sering gunakan untuk kaitannya dengan mengetik, seperti BBMan, kirim email, atau mengetik note karena saya memang terbiasa mengetik menggunakan keyboard fisik dan saat saya mengetik menggunakan Z10 terkadang suka meleset dari karakter yang akan kita tekan. Mungkin sebagian orang sudah terbiasa mengetik dengan virtual keyboard dan lebih memilih model smartphone full touch screen.

Target pengguna BlackBerry Jakarta

Hampir semua pengguna smartphone suka memainkan game, browsing atau menampilkan, namun seberapa sering intensitas untuk melakukan itu. Bagi seorang pekerja yang waktunya penuh di pekerjaan lebih sedikit dibandingkan anak remaja yang masih banyak memiliki waktu luang. Disamping itu full touch screen dengan layar yang lebih lebar lebih memungkinkan untuk banyak diexplore dibandingkan layar yang lebih kecil.Apalagi saat ini BlackBerry 10 sudah memiliki kemampuan untuk menjalankan aplikasi Android yang tentunya akan memperkaya aplikasi yang dapat dijalankan di BlackBerry 10 Disamping  rencana untuk membandrol harga yang murah yang cocok untuk remaja yang belum mapan dalam segi ekonomi, maka kemungkinan BlackBerry menargetkan pasar penjualan ini untuk segmen anak muda dengan full touch screen dan harga murah.