Komitmen BlackBerry untuk meluncurkan kembali BBM untuk Android dan iOS

Peluncuran kembali BBM untuk Android dan iOS
Beberapa waktu lalu ketika BBM pertama kali di berikan untuk Android dan iOS dengan mempublish aplikasi tersebut di Google Play dan Apple Store untuk diunduh namun berselang beberapa jam aplikasi tersebut menghilang. Tentu bukan karena sengaja BlackBerry melakukan seperti itu, dan pasti ada  penyebabnya. Namun timbul pertanyaan dari banyak kalangan apakah BBM tetap akan di share untuk Android dan iOS ataukah tidak akan diberikan sama sekali.
Dalam akun twitter BBM, bahwa 100% komitmen nya untuk memberikan BBM untuk Android dan iOS, namun kapan diluncurkannya kembali BBM tersebut lagi – lagi belum ada kepastian dari BlackBerry sampai pada saat nya nanti akan diinformasikan melalui website nya BBM.com dan anda diminta untuk mendaftar untuk mendapatkan informasi mengenai peluncuran BBM ini.


BBM Twitter
Apa yang ditulis dalam akun twitternya menjawab pertanyaan – pertanyaan yang muncul di sebagian kalangan, walaupun belum dipastikan namun komitmen ini dapat meredupkan spekulasi yang memprediksi bahwa BBM tidak akan di share ke Android dan iOS.

Versi Beta BBM sedang dalam pengetesan

Satu lagi bukti bahwa BBM akan tetap dapat digunakan di Android dan iOS adalah diluncurkannya Beta versi BBM kepada beberapa orang pilihan yang tentunya sudah memiliki reputasi yang baik. Versi Beta ini merupakan versi perbaikan dari versi BBM yang sebelumnya sudah diluncurkan namun masih terdapat bug didalamnya. Mungkin pada saat testing terdahulu tidak ditemukan bug karena para pengguna versi beta tersebut kurang optimal menggunakannya atau mungkin jumlah pengguna yang cukup banyak saat pertama kali peluncuran baru terlihat kekurangan ataupun celah yang dapat memberikan efek negatif.  BlackBerry merupakan salah satu produsen smartphone yang sangat consent terhadap keamanan sehingga faktor ini akan dijadikan prioritas utamanya dalam melakukan segala hal.

Pada tampilan pembukaan awal aplikasi ini, sekarang sudah berubah dengan memberikan pemberitahuan ataupun peringatan kepada calon penggunanya jug ketentuan – ketentuan dalam pengunaannya. Namun lagi dalam undangan yang diberikan kepada beberapa orang terpilih tersebut belum ada pemberitahuan kapan aplikasi layanan pesan BBM dengan fitur - fitur BBM ini akan diluncurkan kembali.

Persiapan Peluncuran kembali BBM untuk Android dan iOS

Sejak diperkenalkannya BlackBerry 10 dengan model pertamanya yaitu BlackBerry Z10, Layanan – layanan BlackBerry yang salah satunya BBM tidak lagi spesifik menggunakan jalur khusus dengan paket yang kita kenal yaitu BIS atau BlackBerry Internet Server dimana sebelumnya pada model dengan versi OS 4/5/6/7 tidak dapat menjalankan layanan Blackberry seperti BBM, BlackBerry World atau BlackBerry Protect tanpa menggunakan BIS.  Dan sejak diluncurkannya Blackberry Z10 semua layanan Blackberry sudah tidak lagi menggunakan jalur khusus seperti BIS.  BlackBerry 10 dapat mengunakan layanan – layanan BlackBerry menggunakan akses internet secara umum artiny asalkan dapat terkoneksi dengan internet maka semua layanan BlackBerry dapat dijalankan, bahkan tanpa kartu SIM pun, layanan BlackBerry seperti BBM sudah dapat digunakan asalkan ada akses internet melalui Wi fi yang dipancarkan melalu router ataupun perangkat hotspot lainnya.

Ini merupakan salah satu persiapan Blackberry untuk mempermudah akses BBM agar dapat digunakan tanpa jalur khusus atau tanpa harus mendaftar paket BIS terlebih dahulu. Dan saat ini ketika BBM akan dapat digunakan oleh perangkat smartphone non BlackBerry atau khususnya smartphone dengan basis operating system (OS) Android yang saat ini sudah  banyak digunakan oleh beberapa brand   smartphone berskala kecil ataupun brand – brand besar dan juga iOS yang merupakan OS dari smartphone Apple yang sudah terkenal dan cukup banyak enggunanya. Jadi sekarang Android dan iOS tidak perlu menggunakan layanan BIS untuk dapat menggunakan BBM, hanya cukup dengan akses internet untuk menjalankannya termasuk aplikasi – aplikasi lainnya yang ada di perangkat smartphone tersebut.