Sinkron Kontak dan Kalender dari Outlook ke BB10


Wireless Synchronize Outlook to BB10
Anda dapat melakukan sinkron kontak dan kalender antara Microsoft Outlook yang ada di PC atau laptop and dengan BackBerry 10, namun tidak dapat mensinkron  Email. Saya akan menunjukkan bagaimana mensinkron  menggunakan outlook.com dan Microsoft Outlook Connector.
Dengan layanan ini anda dapat menulis dan mengirim email menggunakan email kantor anda dan mengambil kontak dari kontak outlook yang ada di BB10.

Proses sinkron ini menggunakan fasilitas baru layanan outlook.com dari Microsoft, untuk ini maka diperlukan Microsoft account dan sebuah tool yaitu outlook connector dimana penggunaannya sangat mudah.
Lakukan Backup sebelum melakukan proses ini untuk menghindari kehilangan data karena kesalahan proses. Backup all content BlackBerry Z10 menggunakan BlackBerry Link dan data outlook menggunakan Microsoft Outlook.


Berikut langkah-langkah proses Sinkron secara wireless :
1. Buat Microsoft Account
Buat account di outlook.com, Hotmail atau windows Live, bila sudah ada tidak perlu membuat lagi.

2. Install Microsoft Outlook Connector
Step berikutnya adalah menginstall Microsoft Outlook Hotmail Connector di PC anda, tool ini support untuk Microsoft.com dan Live account pula. Software tersebut terdiri dari 2 versi yaitu untuk Window dengan 16 bit dan 32 bit, anda dapat memilih sesuai windows yang terinstall di PC atau laptop anda.  Matikan Microsoft outlook anda sebelum menginstall.
Download Outlook Connector


Berikut link Downloadnya :

Setelah di download, install di PC anda dan ikuti instruksi nya sampai selesai. Tidak ada option atau pilihan saat instalasi dan proses langsung selesai.
Install Outlook Connector


3. Tambahkan Microsoft Account ke Microsoft Outlook
Setelah proses instalasi selesai, buka Microsoft outlook anda. Setelah terbuka, Microsoft outlook akan keluar pemberitahuan meminta untuk memasukkan account Microsoft (outlook.com, hotmail atau Live) kedalam Microsoft outlook.
Bila tidak ada pemberitahuan untuk menambahkan account Microsoft, maka anda dapat menambahkannya dari menu : Tools > Account Settings > E-Mail  kemudian pilih New, kemudian masukkan informasi yang diminta mengenai data account Microsoft anda.
Bila account sudah dibuat maka akan muncul Account baru di Outlook anda.
Outlook Account Installed



4. Setting Outlook untuk Wireless Sinkron
Bila account Microsoft anda sudah ada di Microsoft outlook di PC anda, maka anda dapat lebih mudah mengatur beberapa account. Setelah ini anda dapat mensinkron kontak yang ada di Microsoft outlook dan BB10 anda. Untuk Setingan  di PC tidak ada yang perlu disetting hanya memastikan bahwa di menu atas sudah ada menu “Outlook Connector”  dan status server adalah connected. Cara melihat status server adalah klik account email Microsoft atau outlook.com anda dan lihat menu yang ada di kanan bawah seperti gambar berikut. 
Check Synchronize

Anda juga dapat melihat detail report kapan terakhir sinkron melalui menu yang ada dikanan bawah tersebut. Namun diingat bahwa menu-menu tersebut akan tampil apabila pointer aktif anda berada pada account outlook.com

5. Tambahkan outlook account ke BB10 (Z10)
Setelah Microsoft Outlook Connector terinstall dan sudah tampil di menu outlook anda, dan contact yang ada di Microsoft outlook anda sebelumnya sudah di copykan ke account outlook.com yang baru saja ditambahkan.

Step selanjutnya adalah Menambahkan account email outllok.com kedalam BlackBerry 10 anda:
Buka menu setup & Account
Add Account & Pilih Email, Calendar & Contact
Masukkan email  & Password
Z10 SetupZ10 AccountsZ10 - Add Account


ON-kan Sinkron Email, Kontak dan Kalender
Cek Melalui menu Kontak apakah semua kontak sudah tersinkron
     Z10 Add User PasswordZ10 Activate SyncOutlook Account in Z10

Untuk perubahan yang dilakukan di Microsoft Outlook, tidak langsung disinkron ke BB10 anda melainkan menunggu beberapa jam. Namun bila Proses sinkronisasi kontak dan kalender ingin langsung di sinkron ke BB10 anda, maka tips nya adalah anda memnonaktifkan (Off-kan) Sync Contact yang ada di menu account Outlook BB10 anda dan kemudian mengaktifkan kembali, maka perubahan yang ada di server outlook.com anda akan terupdate di BB10 anda. Selamat Mencoba !!!