18 Fitur BlackBerry 10 yang mungkin belum anda ketahui (bagian 2)

Fitur BlackBerry 10
Lanjutan dari bagian ke-1, Berikut Fitur-fitur lainnya dari BlackBerry 10 yang mungkin belum anda ketahui :


10.  Calendar – Calendar juga sudah terkoneksi dengan Hub dan kontak aplikasi sehingga mempermudah dalam menambahkan kontak kedalam event,  Dalam aplikasi ini kita dapat melihat tiap orang yang  diundang meeting melalui kalender yang diemailkan.

11.  Browser – Browser yang ada di BB10 ini lebih responsif dan sangat cepat. Disamping fasilitas untuk men share halaman web ketika menemukan halaman web yang menarik. Juga anda dapat membaca halaman web dalam format reader dengan menghilangkan atribut-atribut web yang mengganggu.


12.  Media Sharing – Akses untuk melakukan sharing media  berupa musik, gambar ataupun video sekarang sudah sangat mudah, dengan beberapa gesture atau penggeseran di layar. Akses koneksi untuk melakukan sharing pun lebih banyak maulai dari BBM, NFC, Bluetooth dan lainnya. Dengan Port HDMI semua media dapat di share dan di show melalui layar lebih besar yang mensupport HDMI.

13.  Picture & Video Editing – Di BB10 anda sudah dapat mengidit gambar dan video secara langsung, meng-crop, memutar dan dapat menambahkan style-style yang artistik pada gambar. Sedangkan untuk video dapat diatur durasi video dan mengatur pencerahan dan warna pada video.

14.  Search – Aplikasi search atau pencaridapat mencari file atau document didalam perangkat BB10,  namun anda dapat mencari di area yang lebih sempit di aplikasi tertentu saja. Juga pencarian dapat dilakukan diluar perangkat yaitu melalui internet.

15.  Voice Control – Dengan aplikasi ini anda dapat memberikan perintah ke perangkat BB10 anda, mulai dari membuat panggilan, mengirim pesan dan membuka aplikasi-aplikasi yang ada di perangkat BB10 anda. Untuk akses ke aplikasi voice control ini sangat mudah hanya dengan menekan tombol mute disamping perangkat.

16.  BlackBerry Word – yang sebelumnya dikenal dengan App World sekarang berganti nama menjadi BlackBerry World, dengan fasilitas menemukan aplikasi lebih mudah dan dapat di share ke jejaringan sosial ataupun melalui NFC. Juga dengan parent control yang dapat memfilter aplikasi yang sesuai dengan keperluan usia yang dapat di setting.

17.  NFC – Near Field Communication adalah teknologi wireless jarak dekat yang didesign mentransfer data dengan cepat. Pengguna dapat dengan mudah mentransfer document, gambar atau musik ke pengguna NFC lainnya dengan men tap ing atau mendekatkan bagian belakang Blackberry 10 anda. NFC dirancang kedepannya bukan hanya untuk transfer file namun untuk transaksi ataupun media pembayaran.

18.  BlackBerry Balance – Fitur ini dapat digunakan hanya untuk pengguna BES (BlackBerry Enterprise Server) dan hanya dengan BES10 dan tidak berfungsi untuk versi BES dibawahnya. Dengan BB Balance memungkinkan pengguna untuk memisahkan antara aplikas kantor/pekerjaan dan aplikasi pribadi yang disimpan secara terpisah sehingga tidak mengganggu satu sama lain untuk memanage nya.

Mungkin anda baru sadari bahwa BB10 punya banyak kelebihan atau fitur-fitur baru, walaupun tidak semua fitur selalu digunakan namun setidaknya anda dapat mengetahui apasaja kelebihan dari BB10. Fitur-fitur yang dituliskan disini mengacu pada Operating System BlackBerry versi 10.0 dimana ada kemungkinan pembaharuan – pembaharuanterjadi ketika melakukan upgrade software ke versi yang lebih tinggi, karena dengan proses upgrade software Blackberry 10 akan menutupi kekurangan atau masalah pada versi sebelumnya dan juga ada perbaikan system dan juga kemungkinan penambahan fitur. Untuk itu lakukan proses upgrade secara berkala bila telah tersedia versi terbarunya dengan melakukan proses upgrade mengikuti panduan disini Beberapa cara upgrade BlackBerry 10.