Arti dari Logo-Logo Battery dan Masalah Charging di BlackBerry 10


Logo Battery
Bila anda sudah lama menggunakan perangkat BlackBerry mungkin sudah familiar dengan logo-logo batery yang ada di tampilan layar, namun di  BlackBerry 10 ada beberapa logo yang baru pada kondisi battery dan kondisi pengecasan.

Satu tips agar proses pengecasan berjalan lebih cepat dan efektif yaitu set BlackBerry ke posisi bed side mode dengan tampilan jam berwarna merah, atau matikan selama proses pengecasan, bila pada kondisi ini proses masih berjalan lama mungkin ada yang salah dengan perangkat-perangkat yang terkait dengan pengecasan.

Berikut ini logo-logo kondisi battery yang ada di BlackBerry 10, dan setelah kita tahu kondisi battery dan proses pengecasan, kita akan tahu apakah normal atau tidak. Akan dijelaskan pula kemungkinan penyebab masalah bila proses pengecasan tidak bisa atau tidak sesuai.


Logo Battery charging
Battery dalam kondisi di charge, pada kondisi di charge ini lambang berwarna kuning akan berkedip-kedip menandakan proses pengisian daya ke battery. Proses ini berlaku bila men charge menggunakan charger atau menghubungkan ke kabel data komputer.



Logo Battery full
Kondisi Battery sudah penuh, bila logo diatas merupakan proses pengecasan dan bila battery sudah penuh namun kabel charger masih terhubung maka akan tampil logo seperti disamping. Namun bila kabel charger dilepas maka gambar garis dua di belakangbattery akan hilang.

Logo Charging tidak cukup daya
Battery tidak mau nge-charge karena sumber charge tidak cukup. Kondisi ini terjadi ketika perangkat BB dihubungkan menggunakan kabel data ke PC atau laptop yang belum terinstall driver atau terhubung dengan charger namun tidak cukup daya dikarenakan ada kesalahan atau kerusakan di charger nya.

Logo Battery KosongKondisi Battery dalam kondisi low atau hampir habis dan pada kondisi ini semua koneksi dimatikan, Bila tidak di charge maka peragkat Blackberry akan dimatikan sampai dilakukan pengecasan dan daya yang tersimpan sudah cukup untuk menyalakan perangkat. Pada kondisi ini segera simpan segala hasil pekerjaan yang sedang dilakukan agar data atau hasil pekerjaan anda dapat tersimpan.

Logo Battery bermasalahIni adalah indikator bahwa ada masalah dengan battery. Ini karena battery dalam kondisi rusak atau tidak sesuai dengan spesifikasi, maka gunakan battery original yang sesuai dengan model BlackBerry yang digunakan. Pada kondisi tertentu bisa disebabkan kerusakan pada perangkat BlackBerry.

Logo tanpa batteryLogo ini akan muncul ketika battery tidak terpasang dan konektor charging dihubungkan ke PC, laptop ataupun chrger. Daya yang digunakan untuk memunculkan logo tersebut berasal dari daya dari luar (charging).


Perangkat BlackBerry dapat dikatakan mengecas bila muncul indikator charging namun belum berarti bahwa pengecasan itu normal, karena beberapa kasus proses pengecasan berlangsung sangat lama atau tidak pernah full atau tidak bertambah daya battery nya.
Untuk melihat status battery dapat di cek di menu setting,  About dan dibagian atas pilihan (scroll) paling atas pilih category hardware dan akan terlihat kapasitas daya battery saat itu.

Berikut kondisi-kondisi yang menyebabkan proses charging tidak bisa atau tidak sesuai :

  • Battery terindikasi terkena cairan, ini dapat dilihat dari indikator cairan yang harusnya berwarna merah pekat memudar warnanya bahkan menjadi putih. Atau pada kondisi yang parah dapat dilihat secara visual bekas-bekas karat atau indikasi terkena cairan.
  • Battery tidak original, didalam battery terdapat komponen pasif yang sudah disesuaikan dengan perangkat BlackBerry sehingga dapat mengenali, bila komponen didalam battery berbeda maka proses pembacaan oleh perangkat BlackBerry tidak sesuai yang berakibat tidak dapat di charge.
  • Konektor Battery di perangkat bengkok atau berkarat, kondisi ini dapat dilihatdan  ini akan menghalangi koneksi antara perangkat dan battery. Sehingga bila tidak terkoneksi dengan sempurna maka bisa mengganggu proses charging.
  • Kerusakan di charger, kerusakan dapat berupa kerusakan fisik di charger atau kabel nya ataupun kerusakan komponen didalam charger. Bila kerusakan fisik sudah terlihat lebih baik tidak usah digunakan karena sewaktu-waktu akan kerusakan charger akan berakibat ke kerusakan perangkat.  Namun bila kondisi fisik baik maka bisa dilakukan komparasi dengan charger lain atau menggunakan kabel data ke PC atau laptop.
PKesalahan atau masalah pada proses charging juga bisa disebabkan karena software dari BlackBerry itu sendiri, untuk itu lakukan proses Upgrade BlackBerry 10 anda ke versi terbaru