10 Tips Menghemat Kuota Paket Data BB10 (Bagian 1)


Save Money BlackBerry 10
Smartphone saat ini sudah sangat dekat dengan pemiliknya, dia akan selalu dibawa kemana-mana, ke kantor, sekolah, tempat hiburan, di rumah bahkan sampai ke tempat tidur.  Smartphone bukan hanya sebagai alat komunikasi namun juga alat hiburan, alat bantu pekerjaan dan masih banyak kegunaan lainnya tergantung siapa yang menggunakannya.
Smartphone sebagai alat untuk menelepon memerlukan pulsa untuk biaya layanannya namun saat ini selain pulsa biaya layanan dapat berupa paket data untuk menggunakan layanan komunikasi baik itu komunikasi suara, visual video atau alat komunikasi tertulas. BlackBerry merupakan salah satu smartphone yang  menitik beratkan pada layanan komunikasi data seperti BBM, BBM Voice, BBM Video, push mail, dan aplikasi pihak ketiga yang merupakan alat komunikasi seperti Skype, WhatsApp, Line dan masih banyak lagi.


Beraneka paket BlackBerry yang di tawarkan oleh Operator Selular di Indonesia yang tergantung model dari BlackBerry nya pula. BlackBerry 10 yang sekarang baru keluar 2 model BlackBerry Z10 dan BlackBerry Q10 tidak lagi menggunakan layanan BIS namun sudah menggunakan paket data general artinya dapat digunakan diperangkat selain BlackBerry namun beberapa operator memberikan paket khusus untuk paket data BlackBerry 10 khususnya yang melakukan bundling dengan operator. Paket data yang ditawarkan oleh Operator hampir semuanya dibatasi oleh kuota artinya setelah kuota habis pelanggan tidak dapat menggunakan paket data atau paket data yang diberikan kecepatannya diturunkan, pelanggan harus mengisi paket data lagi untuk dapat menggunakan layanan BlackBerry lagi. Paket data yang kita isi di BlackBerry bisa cukup untuk satu minggu ataupun satu bulan tergantung bagaimana menggunakan paket datanya.
Berikut ini Tips untuk menghemat paket data di BlackBerry 10 :
  1. Selalu Gunakan WiFi, Paket data yang digunakan melalui WiFi tidak dihitung pengurangan kuota oleh operator. Maka saat berada pada jangkauan WiFi maka gunakan WiFi untuk menggunakan fasilitas ini untuk menggunakan layanan BlackBerry atau akses internet seperti browsing atau mendownload aplikasi yang besar dari BlackBerry World yang diantaranya diatas 1 GB.  Atau bila anda mau ekstrim maka matikan jaringan operator dan gunakan semua layanan menggunakan WiFi kecuali Telepon dan SMS.Untuk mendownload aplikasi melalui BlackBerry Word anda dapat men setting  Network & Data Limit dengan mengaktifkan Use WiFi Only.
  2.  Hindari Mengaktifkan Mobile HotSpot,  Beberapa Operator memberikan kecepatan data yang sangat besar bisa mencapai 6 Mbps, sehingga bila di share dengan PC atau smartphone yang lain maka bila digunakan secara continue, paket data anda bisa habis dalam hitungan jam saja. Maka nyalakan HotSpot saat perlu dan aktifkan limit waktu untuk membatasinya.
  3. Matikan aplikasi yang berjalan di backgroundBlackBerry 10 sudah mampu melakukan multi tasking artinya beberapa aplikasi berjalan bersamaan. Kita dapat memonitoring aplikasi yang sedang terbuka namun aplikasi yang tidak terbuka tidak bisa kita monitoring  dan mungkin akan menarik data internet anda seperti aplikasi media social, cuaca atau aplikasi lainnya.  Anda masuk ke active page dan cek aplikasi apa saja yang masih aktif dan matikan jika dianggap tidak perlu
  4. Gunakan BBM untuk mengirim file atau pesan suara, Umumnya paket data khusus BlackBerry 10 tidak membatasi paket BBM yang anda gunakan berdasarkan kuota namun berdasarkan masa aktif. Maka Gunakan fasilitas BBM untuk mengirim pesan, foto, suara atau video. Namun jika operator membebani penggunaan BBM sebagai aktiftas transfer data maka anda harus mencari alternatif lain untuk melakukan ini.